Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengenal Google Classroom Lengkap dengan Cara Membuat dan Menggunakannya bagi Siswa dan Guru

Indotech.id - Sejak Maret 2020, Indonesia secara resmi telah memberlakukan protokol Covid-19 guna menanggulangi penyebaran Pandemi yang lebih luas melalui program social distancing atau biasa dikenal di Indonesia sebagai Pembatasan Sosial Skala Besar (disingkat PSBB).
Google Classroom (Credit : Google)
Sekolah menjadi salah satu yang terkena imbasnya. Akibat penerapan PSBB, kegiatan belajar mengajar pun dialihkan, dari bertatap muka langsung di kelas, kini siswa dan murid bisa tetap belajar dengan bertatap muka secara daring melalui layanan video conference di rumahnya masing-masing.

Dari sekian banyak layanan video conference populer, Google Classrom menjadi salah satu yang paling banyak penggunanya. Karena selain gratis, fitur-fitur yang ada pada Google Classroom memang bisa dibilang paling lengkap untuk menunjang kegiatan belajar mengajar. 

Fitur Google Classroom

Dikutip dari situs carilaptop.id, Google Classroom merupakan layanan web gratis yang dikembangkan oleh Google untuk sekolah yang bertujuan untuk menyederhanakan proses kegiatan belajar mengajar yang paperless (tanpa kertas), dimana Google Classroom dapat diakses menggunakan web browser desktop maupun via hp smartphone Android dan iOS.

Google Classroom mengkombinasikan penggunaan produk Google Drive seperti Google Docs, Sheets dan Slide sebagai alat pembuatan dan pendistribusian bahan kegiatan belajar mengajar, Gmail untuk alat komunikasi dan Google Calendar untuk penjadwalan.

Google Classroom kaya akan fitur yang memudahkan siswa dan guru dalam melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Diantara fiturnya adalah sebagai berikut:

Membuat tugas

Google Classroom memungkinkan guru untuk memberi tugas atau pekerjaan rumah untuk siswa. Guru dapat mengunggah bahan ajar ataupun tugas berupa dokumen untuk kemudian didistribusikan kepada para siswa. Setiap siswa tergabung akan menerima notifikasi email tentang tugas baru tersebut. Kemudian siswa pun bisa meyerahkan atau submit tugas yang sudah ia selesaikan untuk kemudian guru dapat segera menilai tugas yang dikumpulkan tersebut.

Membuat pengumuman

Guru dapat memberikan pengumuman yang cepat ke seluruh siswa kelas, dimana pengumuman tersebut akan dikirimkan melalui email ke semua siswa tergabung.

Menyimpan materi pelajaran

Selain dokumen tugas, guru juga dapat menyimpan dokumen atau file lain untuk diakses para siswa, seperti misalnya file presentasi, bahan ajar, e-book, dan sebagainya.

Interaksi Siswa

Antar muka Google Classroom memungkinkan para siswa untuk bisa saling mengomentari tugas dan pengumuman, juga mengirim pesan e-mail satu sama lain.

Cara Menggunakan Google Classroom

Untuk bisa menggunakan layanan Google Classroom, kalian perlu membuat akun terlebih dahulu. Ada tiga pilihan akun yang bisa kalian pilih, akun pribadi, akun sekolah dan akun G Suite (Perusahaan).

Untuk memulai, kalian bisa mengunjungi url situs berikut classroom.google.com untuk mengakses Google Classroom via browser desktop. Atau kalian juga mengaksesnya dengan cara install aplikasi Classroom di Play Store atau App Store.

Tahap selanjutnya, kalian bisa masuk ke Google Classroom dengan Gmail. Kemudian, jika muncul notifikasi pesan, klik Terima. Jika kalia masuk dengan menggunakan akun G Suite untuk pendidikan,, maka klik Saya Seorang Siswa atau Saya Seorang Pengajar. Kemudian klik Mulai.

Dengan masuk sebagai akun pengajar, kalian bisa membuat kelas. Sedangkan jika masuk dengan akun siswa, kalian hanya dapat bergabung ke kelas yang telah dibuat oleh pengajar.

Posting Komentar untuk "Mengenal Google Classroom Lengkap dengan Cara Membuat dan Menggunakannya bagi Siswa dan Guru"